Selasa, 12 November 2019

GROMA Dalam ALAT UKUR


FORMULASI  GROMA DALAM ALAT  UKUR

Makalah
Disusun dan Dipresentasikan Dalam
Mata Kuliah : Hisab Rukyah Klasik
Dosen Pengampu: Dr. KH. Ahmad Izzuddin, M.Ag.
Description: C:\Users\USER\Pictures\Logo 3D UIN Walisongo - Copy.png
                                                 Oleh:                                                 
Alaik Ridhallah
NIM: 1802048006

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU FALAK
FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2019
GROMA
ridhallahalaix@yahoo.co.id
Abstrak
Sejarah perkembangan survei dalam pengukuran tidak terlepas dari ilmu-ilmu astronomi, astrologi dan matematika. Awalnya, matematika dikembangkan untuk keperluan praktis dalam kehidupan masyarakat masa itu. Orang-orang Mesir, Yunani dan Romawi menggunakan prinsip-prinsip pengukuran (surveying) dan matematika untuk pematokan batas-batas kepemilikan tanah, penempatan (stake out) bangunan-bangunan publik, pengukuran dan penghitungan luas tanah. Hubungan yang erat antara matematika dan ukur tanah nampak dari istilah-istilah matematika; geometri; yang menurut bahasa latin berarti pengukuran bumi. Istilah lain yang terkait adalah geometronics yang digunakan pada pengukuran dan pemetaan.
Alat-alat yang digunakan pada zaman dahulu pun sederhana, akan tetapi tidak melepaskan dari ilmu hitung matematika pada waktu itu, meskipun perhitungannya secara sederhana. Groma adalah salah satu alat yang digunakan pada waktu itu, salah satu fungsinya adalah untuk menentukan jarak lurus antar titik dan sudut kanan-kiri sebesar 90 derajat, sistem kinerjanya alat ini hanya horizontol dan dapat memutar lintasan lingkaran, hal ini memudahkan para pekerja kontruksi pada waktu itu untuk membidik atau menentukan titik di mana bila ia ingin menarik garis lurus ke depan ke belakang dan kanan-kiri.     
Kata Kuci : groma, alat bantu pemetaan, arah.
Pendahuluan
            Pekerjaan surveying berasal dari zaman Mesir kuno sejak 3000 tahun yang lalu. Pekerjaan ini menentukan posisi suatu objek di atas, pada maupun dibawah permukaan bumi. Surveying merupakan bagian yang penting dari pemetaan batas wilayah, pengukuran kemiringan, jarak, fitur, pembangunan lahan dan juga dimensi akurat dari tanah.            Di Yunani dan Roma, surveyor merupakan orang-orang yang bertanggung jawab dengan sudut dan garis yang membentuk bangunan dan stadion besar yang masih ada hingga sekarang. Mereka menggunakan sebuah alat surveying sederhana yang disebut dengan Groma.
            Groma terdiri dari beberapa peralatan yang dipasang secara vertikal dengan suatu bentuk silang dipasang dengan posisi horizontal. Setiap ujung persilangan tersebut dipasangi unting-unting.[1] Dahulu bandulannya terbuat dari batu yang ditalikan dibawahnya, sekarang lebih bagus dengan bandulan yang berbentuk segitiga lancip.
Sejarah
Groma, instrumen ini, yang digunakan untuk keberpihakan orthogonal, tentu sangat tua. Kemungkinan ditemukan di Mesopotamia, kemudian dibawa oleh para surveyor ke Barat Yunani sekitar abad ke-4 SM; tetapi Etruria yang memperkenalkannya ke dunia Romawi. Kita tahu itu sangat tua karena groma berasal dari zaman Ptolemeus (3 - 1 SM) berada di oasis fayum di Mesir; penggunaannya dipegang dengan tangan secara langsung. (gbr. 1).[2]




Gbr. 1
Bangsa Romawi menggunakan Groma untuk merancang kota-kota baru, distrik-distrik dan jalan-jalan atau untuk mengukur dan membagi tanah; singkatnya memiliki bagian pendukung (ferramentum) dengan ujung runcing sehingga dapat menempel di tanah dan tiang bulat untuk memasukkan rostra (umblicius soli), yaitu, batangan dengan panjang sekitar satu kaki Romawi, dalam panjang (0, 2963 m), juga dengan dua ujung bundar, satu untuk bagian vertikal dan yang lainnya untuk engsel putaran groma itu sendiri. Yang terakhir adalah salib dengan empat lengan rindu masing-masing sekitar 1,5 m.[3]
Panjang kaki Romawi; seutas tali yang tergantung di kedua ujungnya. Bobot masing-masing pasangan lengan adalah sama sehingga dua sumbu mudah dikenali. Kita tahu kira-kira seperti apa itu berkat karya Matteo della Corte (gbr. 2a), arkeolog yang selama penggalian di Pompeii pada tahun 1912 menemukan logam tersebut. bagian dari groma di bengkel pandai besi (gbr. 2b-c).[4]






Gbr. 2a                                                            Gbr. 2b-c.

Bagian-bagian perunggu pada gambar 2b dan 2c yang bertempat di Museum Arkeologi di Naples jelas merupakan bagian dari instrumen yang ditemukan di Pompeii; sebenarnya rostra memiliki engsel yang dimaksudkan untuk dimasukkan ke dalam takikan groma sehingga bagian atas dapat berputar. Konfirmasi lebih lanjut, teori kami ini berasal dari gambar bobot Matteo della Corte - identik dengan yang terkait dengan rostra di Museum Arkeologi di Naples (gbr. 2b). Dua groma diwakili pada dua plak penguburan yang mungkin milik dua agrimensores, yaitu, dua teknisi yang merupakan bagian dari perusahaan yang ditugaskan untuk mengukur tanah (gbr. 3). Jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan melihat bahwa mereka berbeda: plak Ivrea persis seperti groma yang ditemukan di Pompeii dengan lengan ramping dan lubang di tengah, sedangkan plakat Nocera menunjukkan groma sebagai alat berat dengan takik daripada sebuah lubang di tengah.[5] Namun lubang di tengah kedua groma terletak di engsel silinder rostra sehingga lengan bisa berputar dengan mudah; ini juga membuat groma mudah dibongkar dan dipindahkan. Sisa-sisa dan gambar-gambar arkeologis yang selamat bersaksi tentang desain fungsional dan dasar yang membuat groma mudah digunakan dan diangkut; Namun itu juga padat dan tahan lama karena bagian atas groma terbuat dari bahan yang sangat tahan dan bentuk geometris yang sesuai.[6]






Gbr. 3

Kisah  lama yang terekam oleh sejarah pada saat ini, menunjukan  perkembangan ilmu dibidang survey  pertama kali di daerah Mesir.  Herodotus menjelaskan bahwa di era Sesostris (sekitar 1400 SM) dibagi tanah mesir ke dalam sebuah gambar untuk tujuan perpajakan.  sungai nil menyapu sebagian dari plot ini, dan surveyor ditunjuk untuk menggantikan batas. Pada awalnya surveyor disebut tali tandu, karena pengukuran mereka dibuat dengan tali yang memiliki penanda di setiap satuan jarak.
            Sebagai konsekuensi dari pekerjaan ini, pemikir Yunani mulai mengembangkan ilmu geometri. Mereka sangat mengutamakan kemajuan dari ilmu tersebut. Seorang penemu kebangsaan Yunani bernama Heron berusaha menerapkan ilmu pengetahuan untuk melakukan survei di sekitar 120 SM. Ia adalah penulis dari beberapa buku tentang surveyor. termasuk dioptra, yang menceritakan Métode survei  di lapangan, menggambar perencanaan, dan membuat perhitungan. Ini juga termasuk menjelaskan salah satu bagian yang pertama dari peralatan survey yang terekam, yaitu Diopter. Bertahun-tahun Heron berkuasa di kalangan surveyor Yunani dan Mesir.
            Perkembangan yang signifikan dalam seni survei berasal dari pemikir-pemikir praktis Romawi, yang paling terkenal tulisan di survei adalah tulisan Frontinus. Meskipun naskah asli menghilang, sebagian karyanya telah  tersimpan.
            Frontinus adalah seorang insinyur romawi  di bidang survey dan tercatat  hidup pada abad pertama, adalah seorang pelopor di lapangan, dan tulisannya menjadi acuan selama bertahun-tahun. Kemampuan keteknikan bangsa Romawi telah didemonstrasikan oleh pekerjaan proses konstruksi yang luas untuk membangun kekaisaran. Survey yang diperlukan untuk konstruksi ini mengakibatkan terbentuknya organisasi serikat surveyor. Peralatan canggih terus dikembangkan dan dipergunakan. Diantaranya yaitu Groma, dipergunakan untuk pengamatan; LIbella; dengan pemberat (unting-unting) untuk pengukuran kedataran;  Chorobates, terbuat dari kayu, berbentuk  horisontal / lurus, memiliki ketinggian sekitar 20 kaki (6 meter) dengan dukungan 4 buah lengan dan bagian atas digenangi air untuk menunjukan ketinggian.[7]                                
Komponen dan Kegunaan Groma
            Groma adalah alat utama yang digunakan oleh para surveyor Romawi untuk melacak garis-garis sederhana dan orthogonal, yang diperlukan untuk pembangunan jalan, kota, kuil dan subdivisi lahan pertanian.[8]
            Menurut ahli bahasa istilah groma berasal dari bahasa Yunani koresponden gnoma, tetapi ada yang membuatnya berasal dari agrumus (bidang tanpa tumpukan), itu adalah rencana di mana mereka menggunakan groma.[9]
            Alat topografi ini disusun oleh tiga bagian mendasar :[10]
  1. Stelletta dibentuk oleh dua lengan yang sama, menyilang dan membentuk sudut kanan, dibuat dari logam berongga dengan penguatan jiwa di kayu; dari empat ekstremitas, yang disebut curnicula, empat benang (garis tegak lurus) jatuh tiba-tiba dengan bobot ditambah kerucut atau bentuk pir.
  2. Rostrum, adalah tiang yang kuat dengan ekstremitas silinder: satu untuk menerima poros putar stelletta, yang lain untuk okulasi di kutub vertikal; jarak di antara kedua silinder itu berukuran satu kaki (0,2963 m).
  3. Ferramento, itu adalah tiang di logam berongga yang mampu mendukung bagian sebelumnya, dilengkapi dengan ekstremitas inferior dengan titik bentuk kerucut logam, untuk pemasangan.
Gambar 4.
Groma diposisikan dengan ferramento dalam posisi vertikal, menggunakan garis tegak lurus, untuk memverifikasi paralelisme. Melalui garis tegak lurus kelima, mereka memusatkan stelletta dengan titik stasiun.
Intinya bisa dipalu di tanah atau ad lapidem, batu tertentu yang dibawa oleh surveyor.
Dengan cara ini groma siap digunakan.

Aplikasi Groma
Supaya mudah untuk memahami bagaimana cara menggunakan groma secara dasar, maka baiknya diterangkan dalam bentuk gambar di bawah ini beserta dengan keterangannya.
                       
Gambar 5.                                                       Gambar 6a.
Gambar .6b.

Keterangan gambar 4,  5,  6 dan 7.[11]
Gambar 4.
Pelacakan Penyandingan Sederhana Antara Poin A dan B.
Groma dipasang di stasiun di titik A dan di titik B ditanam di metae (tiang). Kemudian Stelletta diputar untuk mengarahkannya ke sepasang target metae di B. Sejumlah metae ditanam ke arah pandangan ini, untuk mendapatkan keberpihakan pada perataan ini sehingga mendapatkan garis lurus. Ini adalah prosedur dasar untuk semua operasi dengan groma.
Gambar 5.
Pelacakan Dari Perubahan Orthogonal Antara Mereka. 
Setelah membentuk AB alignment pertama, groma ditempatkan di stasiun pada titik di termedio C, melintasi dua arah yang akan dilacak.  Kemudian memutar "bintang”, tujuannya didirikan pada metae di A dan di B melalui pasangan target pertama.  Dengan demikian memperbaiki "bintang kecil", titik D dan E diarahkan melalui langkah kedua, mengikuti prosedur dasar. Ini adalah kasus yang paling sering dalam penggunaan groma.
Gambar 6.
Penentuan Jarak Titik Yang Tak Termasuk Titik Stasiun.
 Groma diposisikan pertama pada titik stasiun A dan titik B yang tidak dapat diakses diarahkan dengan pasangan target pertama.  Kemudian penyelarasan ortogonal didirikan ke garis AB, dengan menggunakan pasangan target lainnya, menentukan titik C pada jarak tertentu dari A.  Dengan groma di C, alignment (pelurusan) C D tegak lurus didirikan.  ke A C.  Panjang AC dibagi menjadi dua bagian yang sama dan groma diperbaiki pada titik tengah E, memperpanjang keselarasan B E sampai pertemuan dengan CD, diperoleh  titik F.  Jarak CF sama dengan jarak yang dicari.
Prosedur ini (dengan pengertian gambar) diterapkan untuk menghitung lebar sungai, tingkat rawa-rawa dan rawa-rawa, jarak kapal yang mendekati pelabuhan.  Selain itu, dengan groma data untuk menggambar bentuk medan ditemukan, yaitu sketsa topografi, berorientasi dengan  bantuan “gnomon” pengurangan portabel jam solarl besar).  Groma juga digunakan setelah zaman Romawi, kemudian menjadi tidak digunakan, disusul oleh instrumen yang lebih halus.  Apa yang malah tetap diperbaiki dari waktu ke waktu adalah prinsip-prinsip konstruksi dan pengukuran, yang masih ditemukan hari ini berdasarkan fungsi dari model  survei, kotak silinder dan bola.
Kegunaan Lain dan dalam progres
  1. Untuk membantu dan  mempermudah pengukuran arah kiblat. Dengan cara membidik hasil pengukurannya, baik yang diukur denga tongkat istiwa’, theodolite, maupun lainnya. Kemudian tinggal tarik garis lurus ke depan, belakang, samping kanan dan kiri. Sehingga ketika luas tanah  Musola atau Masjid itu berbentuk persegi panjang atau persegi, maka langsung dapat ditarik ke semua empat arah.
  2. Ketika alat pencari kiblat, seperti mizwala atau istiwaaini dimofidikasi dan ditaruh atas groma, penggunaannya akan lebih efektif dan langsung bisa dicari garis lurus sesuai hasil ukurannya secara langsung.
  3. Untuk tongkat di hari tanpa bayangan.
  4. Untuk tongkat istiwa’ pada hari roshdul qiblat.
  5. Untuk tongkat istiwa’ pada praktek penentuan awal waktu duhur dan ashar.















Daftar Pustaka
World Jambore Mondial, Esperienze Progeti 125, Rivista Bimistrale del, Centro Studi ed esperienze scaut Baden Pawell (Chile : Autorizz. Tribunalle do Modena , 1999). File pdf dalam bahasa Spanyol.
Marco Ceccarelli, dkk., “The groma, the surveyor's cross and the chorobates. In-depth notes on desaign of old instruments and their use”. Jurnal Disegnare : idee immagini, ideas images, XXII, Anno 42, (2011).
http://www.jasasurveypemetaan.com/fakta-menarik-tentang-surveying/. Diakses Jumat, 04 Oktober 2019, pukul 21.00 wib..



[1]http://www.jasasurveypemetaan.com/fakta-menarik-tentang-surveying/. Diakses Jumat, 04 Oktober 2019, pukul 21.00 wib.
[2]  Marco Ceccarelli, dkk., “The groma, the surveyor's cross and the chorobates. In-depth notes on desaign of old instruments and their use”. Jurnal Disegnare : idee immagini, ideas images, XXII, Anno 42, (2011).  22.

[3]  Ibid., 23.
[4]  Ibid., 23.
[5]  Ibid., 23.
[6]  Ibid., 23.
[8] World Jambore Mondial, Esperienze Progeti 125, Rivista Bimistrale del, Centro Studi ed esperienze scaut Baden Pawell (Chile : Autorizz. Tribunalle do Modena , 1999),  h. 6. File pdf dalam bahasa Spanyol.
[9] World Jambore Mondial, Esperienze Progeti 125, Rivista Bimistrale del, Centro Studi..., h. 6.
[10] World Jambore Mondial, Esperienze Progeti 125, Rivista Bimistrale del, Centro Studi..., h. 7. 
[11]  World Jambore Mondial, Esperienze Progeti 125, Rivista Bimistrale del, Centro Studi..., h. 26-27. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar di bawah ini :

Universalitas Nilai Islam Pada Generasi Millenial Era Digital

       sumber gambar : republika.co.id.          Kajian mengenai sejarah peradaban Islam telah melalui dan mengalami beberapa periode, pada...